MENGAPA PELAKSANAAN PENGELOLAAN BMD DENGAN TERTIB ITU PENTING?

  

  1. Alasan utama yang mengemuka adalah untuk kepentingan PELAYANAN PUBLIK/PELAYANAN UMUM dan PELAPORAN PENGGUNAAN BARANG MILIK DAERAH.
  2. Pasal 2 Ayat (3) UU No. 32 Tahun 2004 menyatakan Pemerintah Daerah menjalankan otonomi seluas-luasnya dengan tujuan MENINGKATKAN kesejahteraan masyarakat, PELAYANAN UMUM, dan daya saing daerah. Dan dan Ayat (5) UU yang sama menyatakan Hubungan keuangan, pelayanan umum, pemanfaatan sumber daya alam, dan sumber daya lainnya dilaksanakan secara adil dan selaras.
  3. Pasal 15 PP No. 6 Tahun 2006 menyatakan Barang milik daerah dapat ditetapkan status penggunaannya untuk penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), untuk dioperasikan oleh pihak lain dalam rangka MENJALANKAN PELAYANAN UMUM sesuai tugas pokok dan fungsi SKPD yang bersangkutan.
  4. Pasal 21 Permendagri No. 17 tahun 2007 menyatakan Barang milik daerah ditetapkan status penggunaannya untuk penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi SKPD dan dapat dioperasikan oleh pihak lain DALAM RANGKA MENDUKUNG PELAYANAN UMUM sesuai tugas pokok dan fungsi SKPD yang bersangkutan.
  5. Pasal 40 Ayat (1) dan Pasal 42 Ayat (1) Bangun Guna Serah dan Bangun Serah Guna  barang milik daerah dapat dilaksanakan dengan ketentuan diantaranya Pemerintah Daerah memerlukan bangunan dan fasilitas bagi penyelenggaraan pemerintahan daerah UNTUK KEPENTINGAN PELAYANAN UMUM dalam rangka penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi.
  6. Pertanyaan selanjutnya apa yang dimaksud “pelayanan umum”? UU dan PP belum ada yang menyebutkan definisi pelayanan umum.
  7. Standar Pelayanan Minimal (SPM) dapat dijadikan dasar dalam alokasi anggaran daerah dengan tujuan yang lebih terukur. SPM dapat menjadi alat untuk meningkatkan akuntabilitas Pemerintahan Daerah terhadap masyarakat. Sebaliknya, masyarakat dapat mengukur sejauhmana Pemerintahan Daerah dapat memenuhi kewajibannya dalam menyediakan pelayanan publik.
  8. Pertanyaan selanjutnya, apakah Pemerintah Daerah sudah menyusun SPM? Terkait dengan aset/barang milik daerah, dimana diatur tentang aset untuk mendukung SPM? Sebab hal ini akan berimplikasi pada penyusunan rencana kebutuhan barang milik daerah dan rencana kebutuhan pemeliharaan barang milik daerah yang terkait langung dengan pelayanan publik.
  9. Pertanggungjawaban atas BMD kemudian menjadi semakin penting ketika pemerintah wajib menyampaikan pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBD dalam bentuk laporan keuangan pemerintah daerah, salah  satunya dalam bentuk penyusunan laporan keuangan (NERACA).
  10. Hal menarik, terkait dengan NERACA:
    • Siapa saja yang berperan dalam menyusun Neraca? Apakah Pengguna, Penyimpan dan Pengurus barang?
    • Apakah proses administratif pengelolaan barang milik daerah sudah mengarah langsung sampai tersusunnya Neraca?
  11. Pasal 29 Ayat (1) Permendagri No. 17 Tahun 2007 menyatakan Laporan Barang Milik Daerah (LBMD) digunakan sebagai bahan untuk menyusun neraca Pemerintah Daerah. Pasal 50, Penilaian barang milik daerah dilakukan dalam rangka penyusunan neraca Pemerintah Daerah…………………….
  12. Pembantu pengelola menghimpun seluruh laporan Pengguna Barang semesteran, tahunan dan 5 (lima) tahunan dari masing-masing SKPD, jumlah maupun nilai serta dibuat rekapitulasinya, selanjutnya digunakan sebagai bahan penyusunan neraca daerah. (ditulis oleh : Riris Prasetyo M.Kom/0811 184 172) 

Referensi:

  1. UU 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah.
  2. PP 6/2006 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah.
  3. Permendagri 17/2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah.

One Response

  1. bagaimana kalau tentang pengelolaan aset desa apa ada peraturannya kalau ada tolong di kasih tau, trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: