Mengapa Persetujuan oleh DPRD pada Pemindahtanganan BMD selain tanah dan bangunan harus 5 Miliar?

Memang, dan bisa dipastikan bila sebagian besar Pimpinan dan Anggota DPRD sangat kecewa bahwa persetujuan oleh DPRD pada Pemindahtanganan BMD selain tanah dan bangunan harus Rp5 Miliar. Mengapa harus Rp5 Miliar? apa tidak bisa diturunkan menjadi Rp50.000.0000,- (limapuluh juta)?

Untuk bisa menjawab ini, kita memerlukan jawaban, dari regulasi apa amanah tersebut?

UU No. 1/2004 tentang Perbendaharaan Negara, pada pasal 45 menyatakan : Barang milik daerah yang diperlukan bagi penyelenggaraan tugas pemerintahan daerah TIDAK dapat dipindahtangankan; dan Pemindahtanganan barang milik daerah dilakukan dengan cara dijual, dipertukarkan, dihibahkan, atau disertakan sebagai modal Pemerintah SETELAH MENDAPAT PERSETUJUAN DPRD. Selanjutnya, penjelasan Pasal  45 tersebut dinyatakan “Cukup jelas”.

Pasal 47 pada UU yang sama menyatakan: Persetujuan DPRD  (Pasal 45) dilakukan untuk:

1.    pemindahtanganan tanah dan/atau bangunan, tidak termasuk tanah dan/atau bangunan yang:

a.     sudah tidak sesuai dengan tata ruang wilayah atau penataan kota;

b.     harus dihapuskan karena anggaran untuk bangunan pengganti sudah disediakan dalam dokumen pelaksanaan anggaran;

c.    diperuntukkan bagi pegawai negeri

d.    diperuntukkan bagi kepentingan umum;

e.    dikuasai daerah berdasarkan keputusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap dan/atau berdasarkan ketentuan perundang-undangan, yang jika status kepemilikannya dipertahankan tidak layak secara ekonomis.

2.    Pemindahtanganan barang milik daerah selain tanah dan/atau bangunan yang bernilai lebih dari Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah). Pemindahtanganan barang milik daerah selain tanah dan/atau bangunan yang bernilai sampai dengan Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah) dilakukan setelah mendapat persetujuan gubernur/bupati/walikota.

Penjelasan Pasal 47 tersebut juga “cukup jelas”

Pembahasan selanjutnya adalah, bagaimana kita memaknai maksud dari point 2 diatas, bahwa “Pemindahtanganan barang milik daerah selain tanah dan/atau bangunan yang bernilai lebih dari Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah)”.

PP 6/2006 sebagai turunan dari UU 1/2004 pada Pasal 45 menyatakan Pemindahtanganan barang milik daerah selain tanah dan/atau bangunan yang bernilai lebih dari Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah) dilakukan setelah mendapat persetujuan DPRD. Penjelasan Pasal 47 tersebut juga “cukup jelas”.

Selanjutnya, bagaimana dengan Permendagri 17/2007 memperjelas pasal diatas??

Pasal 58 Permendagri 17/2007 menyatakan : Pemindahtanganan barang milik daerah ditetapkan dengan Keputusan Kepala Daerah setelah mendapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, untuk selain tanah dan/atau bangunan yang bernilai lebih dari Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah). Dan tidak ada penjelasan lebih lanjut lagi di Permendagri 17/2007 terkait dengan Rp5 Miliar tersebut.

Permasalahannya adalah, karena Rp5 Miliar itu semua sama di UU 1/2004, PP 6/2006 dan Permendagri 17/2007 dan tidak ada penjelasan lainnya, maka :

  1. Apakah harus bernilai lebih dari Rp 5 miliar? Apakah tidak boleh kurang dari Rp5 Miliar? Misalnya Rp50.000.000,- (lima puluh juta)
  2. Apakah Rp5 Miliar dihitung berdasarkan: Pertransakasi saat terjadi pemindahtanganan?, atau Kumulasi pertahun anggaran terjadinya pemindahtanganan?

Hal ini penting, karena pemindahtanganan itu terkait dengan persetujuan yang diberikan oleh DPRD. Dan juga, bila Pemda akan membuat Perda tentang Pokok-pokok pengelolaan barang milik daerah. Sebab, sangat mungkin Pemda ataupun DPRD akan memperjelas lebih lanjut makna Rp5 Miliar tersebut.

semoga manfaat

riris prasetyo, m.kom / 0811  184 172

peminat pengelolaan keuangan daerah dan pengelolaan barang milik daerah/aset daerah serta politik lokal khususnya yang terkait dengan penguatan DPRD.

blog : https://asetdaerah.wordpress.com, selalu ada yang baru …………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: